Skip to content

Tidurnya Orang Puasa Dapet Pahala

Halo! Nama gue Ikram Zaidan.

Bulan ramadhan ini emang waktunya buat memperbaiki ibadah dan memanen pahala. Satu perbuatan dibales berkali-kali lipat. Bahkan, banyak orang yang bilang tidurnya orang puasa itu ibadah. Tapi, bener gak sih kalo tidur pas puasa dapet pahala?

Sebenernya dalil dari pernyataan bahwa tidur itu adalah ibadah berasal dari sebuah hadits. Hadits ini seringkali disebut-sebut oleh penceramah-penceramah dalam menyampaikan ceramahnya tentang keagungan bulan ramadhan. Namun, hadits yang menjadi dalilnya adalah hadits dhoif (lemah).

Ada beberapa hal yang bisa jadi hikmah dari adanya pernyataan kalo tidurnya orang yang berpuasa itu ibadah. Mau tau apa?

Tidurnya orang yang berpuasa bisa jadi lebih baik kalo dibuat meninggalkan maksiat. Maksudnya, daripada kita melakukan maksiat yang bisa menimbulkan dosa atau bisa jadi malah ngerusak ibadah puasa kita, lebih baik kita tertidur sebagai cara untuk meninggalkan maksiat itu. Dengan begitu, tidur saat puasa ataupun tidur saat gak puasa akan menjadi lebih baik dan berfaedah karena gak jadi melakukan perbuatan yang nambah dosa.

Tapi daripada tidur yang bisa ngebuang waktu kalian, akan lebih baik jika melakukan kegiatan yang lebih bermanfaat seperti ngaji, dzikir, belajar, atau hanya sekedar menghirup udara segar sambil nginget-nginget dosa yang pernah dilakukan lalu bertaubat. Wkwkwk…

Sekian, semoga artikel ini bermanfaat. Semangat berpuasa. Wassalamualaikum.

NB: Berkomentar di bawah gratis sama sekali gak dipungut biaya. Jadi, gak usah sungkan-sungkan untuk bertanya, curhat atau sekedar menyapa.

Published inIslamiTips

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *