Skip to content

Marhaban ya Bulan Puasa

Halo! Nama gue Ikram Zaidan.

Gak kerasa bulan puasa yang ditunggu-tunggu umat islam datang. Ramadhan. Bulan kesembilan dalam tanggalan tahun hijriyah (kalender islam) ini bener-bener khusus ditujukan oleh Allah kepada umat islam. Bulan ini berbeda dari bulan lainnya, karena di bulan ini umat islam diwajibkan untuk berpuasa selama sebulan penuh.

Bulan puasa yang dapat dihitung berdasarkan kalender islam ini juga dapat dihitung dengan munculnya iklan sirup Marjan.

Kita harus bergembira menyambut datangnya bulan Ramadhan. Karena menyambut bulan puasa dalam salah satu hadits dapat menjauhkan kita dari api neraka. Hadits ini sering disebutkan dalam ceramah-ceramah. Namun, sebenarnya hadits ini dinilai dhaif (lemah) oleh banyak ‘ulama, bahkan sebagian ‘ulama mengatakan jika itu adalah hadits palsu. Meskipun begitu, setidaknya kita mendapat hikmah kecil dibalik menyambut bulan puasa.

Apa hikmahnya? Hikmahnya adalah kita dapat mempersiapkan diri lebih dulu sebelum menghadapi bulan puasa.

Emang apa aja sih yang perlu disiapkan sebelum datangnya bulan puasa? Yuk lihat!

Mengganti Puasa Tahun Lalu

Siapa yang tahun lalu puasanya masih bolong-bolong? Udah diganti belom puasanya?

Mempersiapkan dan Merencanakan Target Ibadah

Perencanaan target pada bulan puasa sangat penting karena dapat membantu memaksilkan ibadah dan amalan-amalan yang akan dilakukan selama bulan puasa. Misalnya aja, lu menargetkan khatam Al-Qur’an selama bulan puasa. Nah, disini perlu dipersiapkan buat menyelesaikan target lu.

Mempelajari Ilmu tentang Puasa

Iya. Bagi kalian yang masih bener-bener paham ilmunya, kalian perlu untuk mempelajarinya kembali. Mulai dari bab puasa, sholat tarawih, dan ibadah-ibadah sunnah lainnya yang dianjurkan untuk dilakukan di bulan puasa.

Bertaubat

Sebelum melakukan ibadah-ibadah yang sudah ditargetkan tadi, persiapan yang dilakukan adalah bertaubat atas maksiat-maksiat yang pernah dilakukan. Soalnya, dosa-dosa yang kita perbuat dapat menghalangi kita terhadap ketaatan dan dapat mengotori atau menutup hati. Jadi sangat perlu untuk bertaubat atas dosa-dosa yang pernah kita lakukan biar hati kita gak bakal terkotori karena dosa dari maksiat yang pernah kita lakukan.

Kesehatan Tubuh

Menjaga kesehatan tak kalah penting sebagai persiapan kita dalam memasuki bulan puasa. Puasa kemungkinan akan menguras banyak tenaga, sehingga sangat diperlukan kondisi tubuh yang selalu sehat dan terjaga. Selain itu, kesehatan memang merupakan modal utama dalam beribadah. Jika kamu sehat, maka ibadah kita dapat mudah terlaksana dengan baik. Begitu juga sebaliknya.

Sekian tips-tips menyambut datangnya bulan ramadhan yang gua berikan.

Makasih banget udah mau ngebaca artikel ini. Sampai Jumpa!

Published inIslamiTips

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *