Skip to content

Banyak Minum Air itu Lebih dari Penting

Kita memang bisa bertahan hidup selama berhari-hari tanpa makanan, tetapi tidak dengan kebutuhan air untuk tubuh. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya air dalam kehidupan kita. Orang-orang biasa menyebut jika “Air adalah sumber kehidupan”. Hal ini memang benar karena kedudukan air sangatlah penting bagi makhluk hidup.

Air merupakan komponen terbesar di dalam tubuh manusia. Kandungan air pada tubuh manusia hingga mencapai 80 persen. Karena merupakan komponen terbesar dalam tubuh, sudah tentu air merupakan hal yang penting bagi manusia.

Kebutuhan air pada seseorang memang berbeda-beda. Namun, manusia memerlukan minum sedikitnya 6-8 gelas (2 liter) per hari.

Gue merupakan contoh buruk dalam hal minum air. Setiap harinya mungkin gue hanya mengonsumsi ala kadarnya, yah kalo gue lagi haus aja. Permasalahannya gue menjadi terbiasa dengan kebiasaan buruk. Abis makan gue gak minum, terus jadi kebiasaan. Jadi, gue minum kalo gue udah ingat “Waduh, gue belom minum dari tadi siang!”. Kacaunya gue baru ingat saat malam sudah tiba.

Apalagi gue yang merupakan anak pondok (pesantren). Gue bener-bener jarang banget minum air. Padahal rutinitas gua begitu padat. Ini membuat kondisi gue lebih buruk. Gue gak pernah merasa dehidrasi (sebenernya udah, tapi gue gak pernah merasa, juga gak pernah ngecek ke dokter).

Ketika pasokan air di tubuh sudah minim, otak yang terdiri atas cairan akan mengalami penurunan kandungan cairannya. Sehingga suplai oksigen ke otak menjadi berkurang.

Saat otak kekurangan asupan air, maka akan terjadi gangguan fungsi kognitif di otak. Sehingga fungsi otak tidak berjalan dengan normal lagi. Akibatnya, orang itu akan menjadi lemot dan kurang konsentrasi. Makanya, di iklan air putih orang yang kurang konsentrasi disuruh minum air putih.

Kekurangan air putih bisa membuat gangguan pada ginjal. Banyak minum air akan penting untuk mencegah batu ginjal. Komponen pembentuk batu ginjal akan gampang luruh bersamaan dengan buang air kecil. Gangguan pada ginjal karena kekurangan air ini sering saya dengar dari kakek-kakek yang mudanya kurang mengonsumsi air. Jadi, kita yang masih muda harus berhati-hati dalam menjaga tubuh kita agar tetap sehat dengan banyak mengonsumsi air putih.

Kekurangan minum air juga dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh akan mudah terserang penyakit. Inilah alasan mengapa gue menulis ini? Iya, gue nulis ini karena kemarin gue kena sakit demam. Dokter bilang kalo gue butuh banyak minum air.

Maka dari itu, kita semua harus menjaga kesehatan tubuh kita yang salah satunya dengan banyak meminum air putih. Jangan sampai kita kekurangan minum, karena banyak sekali akibat buruk yang belum tersebutkan tadi. Jangan sampai kita lupa minum air.

Published inGaya Hidup

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *